Selasa, 06 Desember 2016

menanam biji stroberi

Assalamualaikum wr wb
hey guys kali ini aa ichan mau sharing pengalaman menanam stroberi dari biji... coba lihat gambar di bawah ini deh guys..

Jadi FYI sebenarnya buah stroberi yg kita makan itu secara ilmu biologi bukan buah guys, itu adalah ovary yg berkembang, nah buah yg benar secara ilmu biologi adalah yg kuning-kuning ini dikenal dengan nama "achenes" nah di dalam tiap achene ini ada biji nanti yg bisa tumbuh berkecambah.

okee skr tahu kan yaa..... nah cara ngambil biji achene dari daging stroberi gimana sih apa perlu dicokel satu-satu hahahahah....itu mah ga da kerjaan......cara singkatnya sih ya ambil 500 ml air masukin blender lalu masukin buah stroberi dan blender selama 10 detik lalu saring deh biji stroberi , untuk lebih jelasnya nanti aku buat postingannya khusus skr fokus sama cara menanam bijinya dulu aja yah..
1. Siapkan media tanam 
media tanam biji stroberi bisa berupa kompos campur tanah, tanah halus dan cocopeat. Saran saya sih pake tanah halus aja ya, karena stroberi pas tumbuh cuma butuh air dan nutrisi yg sedikit aja, kalo compost takutnya ada hama dan nutrisinya terlalu berlebih , dan kalo cocopeat takutnya dia kekurangan nutrisi juga ..jadi cara amannya pake tanah yg diayak dan dihaluskan.
2. siapkan wadah untuk media tanam
siapkan wadah media tanam bisa berbentuk baki atau wadah bekas plastik, bawah wadah harus dikasih lubang ya supaya pas disiram air tidak menggenangi media tanam.
3.Taburkan biji  stroberi
media tanam jangan dulu disiram, taburkan biji stroberi secara merata tapi jangan saling tumpuk bijinya 
4. Tekan biji stroberi dengan halus
tekan-tekan biji stroberi agak mnyentuh ke dalam, tapi tdk tenggelam ya..cuma tekan-tekan manja saja...kemudian biji dibiarkan begitu saja, jangan DIKUBUR atau ditaburi tanah biji stroberinya karena biji stroberi akan berkecambah apabila mendapatkan cahaya dan air, kalau terkubur dia kesulitan untuk berkecambah.
5. Spray biji stroberi
Semprot biji stroberi dengan spray halus sampai benar-benar basah , lakukan setiap pagi dan sore jangan sampai media tanamnya kering. spray dengan air setiap hari sampai bijinya berkecambah kurang lebih 7-14 hari.
6. Mengamati perkecambahan biji
karena setiap biji stroberi berbeda-beda sifatnya sehingga waktu perkecambahannya tidak barengan jadi ada yang cepat ada juga yg lambat kisaranya dari hari ke-7 sampai hari ke-14 bahkan ada yg 3 minggu baru berkecambah. Nah biasanya kita nanam biji stroberi terus 3 hari udah ada yg tumbuh, biasanya kita kegirangan tapi ternyata biji yg tumbuh adalah biji rumput atau gulma. Jadi kita harus tahu , ciri daun kotiledon pertama bayi stroberi yg tumbuh itu agak tebal ,kalau gulma itu tipis-tipis.
7. setelah berumur 2 minggu, setiap bibit muncul daun sejati dengan ciri daunnya bergerigi, jangan lupa selalu spray setiap pagi dan sore dijaga kelembabannya jangan sampai kekeringan dan ingat harus kena sinar matahari agar pertumbuhan daunnya hijau dan sehat.
8. Setelah berumur tiga minggu (21 hari) bibit stroberi mempunyai 4 daun, saatnya dipindahkan dari persemaian ke tray lubang 128, congkel bibit secara perlahan, jangan sampai terputus akarnya. Isi tray dengan media tanah campur kompos atau pupuk kandang yg sudah difermentasikan.
9. Setelah berumur 2 bulan dalam tray penampakan nya akan seperti ini sudah seperti tanaman stroberi dewasa, ingat jangan sampai media kering harus selalu basah dan terkana cahaya matahari. Pada umur 2 bulan ini bibit sudah memili perakaran yg bagus dan daun yg sehat sehingga bisa dipindahkan ke tray isi 32 supaya pertumbuhan bibit semakin besar,media tanamnya pupuk kandang campur tanah 1:1


10. pindahkan bibit dari tray isi 128 ke tray isi 32, setelah ditanam siram. setelah berumur 4 bulan penmapakannya akan seperti ini, apabila pada persemaian bibit mengeluarkan stolon dan bunga potong saja agar fokus pada pertumbuhan daun dan crown. Nah pada umur ini sudah bisa diberikan pupuk NPK 16-16-16 setiap minggunya 4 butir saja taburkan di tanahnya lalu siram. 
11. Setelah umur 5 bulan bibit sudah memiliki perakaran yang kuat dan daun yang besar, sehingga sudah bisa ditanam dalam polibag untuk dibungakan
Sekian tutorial kali ini.....
jangan cuma dibaca ya tapi dicoba juga ,,,
selamat mencoba >.<
Wassalamualaikum wr wb













8 komentar:

  1. mudah- mudahan bisa numbuh biji2 strowbery saya

    BalasHapus
  2. kenapa kalau pakai tisu yang di basahin bisa lama ya numbuhnya?

    BalasHapus
  3. Aku pake cocopeat udh 2mnggu kecambah ngk besar2, segitu mulu

    BalasHapus
  4. Masalah terbesar saya adalah kurang sabar hahahaha

    BalasHapus
  5. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus
  6. sy sedang mencoba...semoga bisa berhasil jg...

    BalasHapus