Minggu, 04 Desember 2016

Posisi tanam bibit stroberi

hey strawberry lover
Assalamualaikum wr wb 
sama aa ichan lagi nih, hemmm sebenarnya males nulis blog sih
penampakan crown stroberi
soalnya hari ini masih pagi bawaanya diselimut minum energ#n dan nonton sponge bob haha (inget umur nakk)... tapi berhubung harus menuhin blog yg masih kosong aa sempetin nulis ya wkwkwk....
Oh yaa hari ini meskipun mendung aku seneng banget ya karena hasil penelitian aku hmm tentang 100% pupuk organik terhadap stroberi dikatakan agak berhasil ya ... ya next time aku posting ya ..kalo sekarang nih aku mau bahas tentang posisi tanam stroberi.
Jadi hey dulur stroberi semuanya dimanapun anda berada, biasanya sih nanam stroberi itu ya biasa kan asal akarnya ditanam beres gitu yaakk hahahaa .... tapi setelah saya belajar di negeri sakura ternyata ada tips tips menanam stroberi .....oke langsung aja ya ..
1. hal yg pertama yg kamu harus tahu pada bertanam stroberi adalah "CROWN"
Apa sih itu crown? crown adalah bagian pada tanaman stroberi yg berada di pertengahan antara pelepah daun dan akar... nah dalam crown ini sangat penting karena dia yg menghasilkan pucuk daun stroberi dan bakal bunga stroberi..jadi ingat ingat ting..... jangan dikubur ama tanah crown stroberinya yaaa.... kalo kamu menimbung crown nanti bakal mati stroberinya karena crown nya bakal membusuk.
2. pilih bibit stroberi yang baik
 Hal yang harus diperhatikan dari pemilihan bibit stroberi adalah akarnya, akarnya harus sudah banyak dan berwarna putih , kalo bibit stroberi daunnya jelek atau ada bercak-bercak itu saya rasa tidak masalah ya , karena nati keluar daun baru dan sehat kembali, tapi apabila bibit stroberi belum berakar banyak sudah ditanam alias prematur kemungkinan dia hidup hanya sedikit dan tidak sehat nanti setelah dewasnya. kalau bibit yang ditanam dalam polibag biasanya ciri bibit yang sudah bisa dipindahkan untuk ditanam adalah akar-akar stroberi mulai keluar dari bawah polibag atau pot. 
ciri bibit siap tanam
3. buatlah lubang tanam jangan terlalu dalam , ingat crown tidak boleh tertimbun tanah atau media ya
4. Nah ini yang membedakan posisi bertanam bibit ala jepang dan korea. biasanya sih kita tanam tegak aja ya tapi kalo di negara jepang , setelah mereka melakukan penelitian bibit stroberi yg dimiringkan degan crown bawah menghadap ke tanah perakarannya lebih sehat dan banyak sehingga buahnya bisa besar-besar karena semakin akar sehat unsur-unsur makanan dalam tanah dapat diserap secara maksimal.

5. kemudian timbun dengan tanah bagian yg kosong diantara lubang tanam dan sisakan 2 cm bagian atas akar bibit agar bagian crown yg ke dalam tanah bisa menyentuh tanah untuk merangsang perakaran bibit bagian itu, kemudian siram bibit sampai basah agar bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya.


Nahh dulur stroberi sekian tips posisi tanam stroberi , semoga bermanfaat ya 
wassalamualikum wr wb selamat hari senin



2 komentar:

  1. Met sore Pak Ihsan, saya sudah beli dan baca buku tulisan Pak Ihsan, apakah saya bisa berkunjung ke kebun strobery Pak Ihsan di Lembang? Saya sangat tertarik dengan budidaya strobery kultivar penemuan Pak Ihsan. Mohon responnya Pak, jika berkenan dan kebetulan lokasi rumah saya juga di Lembang. Trimakasih

    BalasHapus
  2. How to make money on live dealer games - WorkPaperMoney
    How do you make money on live dealer games? — If you want to make money from live dealer games, a good guide to betting หาเงินออนไลน์

    BalasHapus